Seymour Lipschutz dan Marc Lipson
Algoritma merupakan suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.
Trainit merupakan lembaga pendidikan non formal yang didirikan pada awal tahun 2013. Sampai saat ini telah meluluskan lebih dari 200 siswa dan Trainit dipercaya untuk menjadi pembicara seminar atau workshop di Universitas Amikom, STMIK Asia Malang, Dinas Pendidikan Samarinda dan lain lain.
Kantor Terpadu : Jl. Cempaka Baru Nomor R4, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta 55283
%PDF-1.5 %âãÏÓ 1 0 obj <>>>/Type/XObject/Subtype/Form/BBox[0 0 697.5 986.25]/Matrix[1 0 0 1 0 0]/FormType 1>>stream xœ+ä2T0 B]eia¦gdª�œä(„Tqr*˜Yšë™BA «Ô÷4PpÉWäA l{ã endstream endobj 2 0 obj <>stream xœì½«�ìJöïùGlrÁ$ý¤¤7ij`‚AF?`0¤M .2j`0 ei�›ZjfÔÀ°eêC-frˆÙ‘‚ZkÅkÅÃNgVfUí³c)N�ªÜU™~~ý‰ëñü÷ÿû_ûçý÷?¼ñÏï:`óþçßþù?ÿûÿ×ßþþ�ýöÇŸëŸ+´?ÿÄa^ˆ-Ú_Íþ\í{\üðûëßÿùŸÿûo\"þþ>ûÆÞêoÇßÊUïÿ!ÆßÔWøæó$:t(äV©3Â¥ûÿø×ï¿S¥þ¿ýS¾å;Z´/7¤Èý*%÷O.¹ÿJîÿ÷8çÉ¿ù·ÿWjïÿùÿüç¬9á8Ó‘:£UÃzý”}Å€�®/0ª´hš~ZØ-Z´_ÙÆ™•uŸdÕ5¸8H�¢ãÓ•ÊOkœèÈ6ÆÆßZƒèöé[ÿ™ÂOP’ƒtÏQº£Eû �߸¼Êº½e\o«KVóqJjOÁä½ÿ‰|hëjÚrÌm„‡Âæ89‹¯°ÁIuNðY–”ü ×Ý8/Œá‘gêÿk´hÑþ ÆBÃ|ÇI©íÆ´¨¯iqIJ® gE¹ç÷ËÑF{oÈýCã´9¾N±©c7Æ–n)Ö(ÝZÀ£E‹öV»{£!O‹¯º[)¹%JnuN+П,xû1Cþ×ÿÓvϺÚxþ†”+¶“Sn†� T˪„Z248Q-£Eû+X qÅ«¸p—²é¸œ“‚KÁ%Pr¿9ß׺‡±vûw¾pGê“ ºrÃ4è2<›bMŽ1uz£E‹öUÆ”ÄÊ!ÀŠáªYÕàÂEg£ô7¦èÈݱ¯UQ¤Üö˜LÝ•Êú“FRS· ªeuËë@Wi#Ó”Õ2Z´ŸÚ”Ëïõn˜³²½¤¥àÛËýå§ÏÒ¨£ì÷¦Ï:îàýÔáxt è*…9ÛÑ¢Eû£J«)îI"¹Ê™�µg#eðã�´ùáiÑçêL€r�²jüÅO1k8gfƒQ9+tÆÀØÖó1Z´h?‹á|5€¸M7&y�+eÕ †Ï·íWiÔÜš²ú”Ur¤Î8ð>‡ÇùSw|C±É÷g²apú$èŽ[�lG‹ík,NFr!$5*༠bä'Ž-¶ió?$冤™üýóǦü~žfªÇŸ8À8Á„BºÚn´¾"èF‹ö333òæ�V5=D)¤¥bÂæ[ê7@B£¢TQ-uÝ”ÙÇ"1’ï´ï®§½U +¥»AéÖv€®ˆC‹-ÚûŒ©UpíX�6A”äö^qõ]l»mÅ�_-¼2Íè*D,dvå„Œn•ýûwø3¥²±(?�¿~M«$¯ºav‰60D‹öS#”þ„qZŠª½¥2ËLÊÚQð«¿Ó°ž¶‡S§HøånÜ!ÿJÕ18™?tVè¾|-…�^W]Ò2É붟ôƒVœýè ˆí³Lä—éÔ&y'Ž+ªk×È,3=[ÿ!oç什„uÿë¿ÿ~–!z¸]ß,�Ár� �Ë‹ÁúWZ4=:tmeŒR-ÚÏeVÔѲ®ý8g¿ÍË‹T0:pú^#xöhO ©–¨R�‰5"Î R¨å÷§mõ>YŽºy_pX¶³eպô„t;Z´hŸa®ä‹Ê}¨LèQFמšï4Äûßÿë\XnYu…:“%<> U¹@?‰Hèpij:Ûœùù{±�Ù"µA¨eÅÏ‹HE“óëF‹í§1Š¸|{6KfrÎþ#}ÊýêJb›p{1£¹ ÜZL{ÁqMùà²\sq†QÔ|Çå÷êñ Jw‰Ò]pé–…Ôì\¼ïS’œÜžŒ¾ŽÝ¤äÒ=Î4X!Šv´hŸa²”ŸÎ:ck'$÷VÄu%î›�n@rÿýŸßûaêú±íǦêv(ë.¯Ú´@ýDè½X>0ð…��`Ö0Ò�sèÅ7›ïÈ„Etwý+Z´h?� Éå•ä•®…+ Ç[i¿ÇÂS qqÎ¥IŽ³Z Ù4o8ÝUWÖ=ᶟº{>†‰Ž¼ÞIéPº{�î²QÒ]iâåtú^”KVõ©!gøWu'êŸÇT´hÑ>Ù„W�S“’Ü✖çL‡XAPèû…"^¹_ê+ß5>8Žó2Œ3ßM.žyÕ%E{t¤‹eùöƒ(Û‹p•Hƒ¡µüºctD‹ö“æöIV¢ÞVjý]ôÖAÄÍ, Qîc"ù ½²·A9i…Ÿ6É9‹Ór (ËÁušÞ™±Å^4Ü«÷Š–î¤{ªš�KwšC¶gÝ“¥Ûwwç%Z° &çŽztÅZayÍ@ºË5¥;Z´7™¹¹4â6í�äå9ˆ[�3-³4¢¾¡zr>ª;’ò¤ØºkgVdWuwç…r3놹âÄ[6X X5¼HÄ;;j%Ù9‡âx=ºGC¿¨(Ö«u&Úºš¤Ý¨˜Ñ¢}³ÁôMŠzËï^
Contoh Algoritma Deskriptif
Goodman dan Hedetniemi
Algoritma merupakan urutan-urutan terbatas dari operasi terdefinisi dengan baik yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.
Mengapa Perlu Algoritma
Algoritma diperlukan karena beberapa alasan berikut ini:
Algoritma membantu pemahaman pengguna tentang skalabilitas. Ketika programmer mempunyai masalah dunia nyata yang cukup besar, programmer harus memecahnya menjadi langkah-langkah kecil agar dapat dianalisis dengan cepat.
Dunia nyata sulit untuk dipecah menjadi langkah-langkah yang lebih kecil. Jika suatu permasalahan dapat dengan mudah dipecah menjadi langkah-langkah yang lebih kecil, hal ini menunjukkan bahwa permasalahan tersebut layak untuk diselesaikan.
Aspek kunci dari algoritma adalah efisiensinya. Efisiensi ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan dengan sumber daya seminimal mungkin.
Perancang algoritma terus mencari cara untuk mengoptimalkan algoritma mereka. Dengan demikian, algoritma menjadikannya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan.
Algoritma diimplementasikan dalam berbagai bahasa pemrograman. Hal ini memungkinkan komputer untuk mengaksesnya dan menghasilkan hasil yang diinginkan.
Jika kalian punya minat dan bakat di bidang sains komputer, tentunya kalian harus memahami bahasa pemrograman. Sebagai media yang menghubungkan pengembang website dengan komputer untuk berkomunikasi, bahasa pemrograman sangat penting untuk dipelajari secara mendalam. Bisa dikatakan jika ini adalah dasar dari sains komputer.
Terlebih di era modern ini pengembangan bahasa pemrograman harus memecahkan masalah melalui tingkat abstraksi lebih canggih. Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat kalian harus lebih banyak belajar berbagai fitur terbaru bahasa pemrograman yang dapat mengekspresikan ragam ide lebih kompleks untuk menyediakan instruksi komputasi.
Lebih jauh tentang pemrograman, baca juga : Jenis-jenis Bahasa Pemrograman dan Penjelasannya.
Algoritma berusaha melakukan langkah-langkah seefesien mungkin untuk mencapai tujuan semaksimal mungkin. Algoritme sebenarnya merupakan implementasi dari kehidupan sehari-hari misalnya algoritma stack dan algoritma queue yang merupakan implementasi dari antrian dan tumpukan yang terjadi dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini definisi algoritma menurut para ahli yaitu:
Algoritma merupakan prosedur komputasi yang mengambil beberapa nilai atau kumpulan nilai sebagai input kemudian diproses sebagai output sehingga algoritma adalah urutan langkah komputasi yang mengubah input menjadi output.
Menghitung Keliling Persegi yang Diketahui Luas
Input L = Luas , S= sisi
Cara menghitung sisi adalah S = L : 2
Cara menghitung keliling persegi : K= 4 x S
Algoritmanya adalah dengan menginput Luas Persegi dengan menghitung sisi dan menghitung keliling persegi dengan rumus tersebut diatas.
Nilai K = Keliling Persegi akan dicetak sebagai output ke perangkat output
Menghitung Keliling Lingkaran
r = jari-jari lingkaran dan phi
Keliling Lingkaran =2 x phi x r
Algoritmanya adalah menetapkan nilai phi = 3.14 dan menghitung jari-jari lingkaran
Rumus Keliling Lingkaran adalah K=2*phi*r
Nilai K dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)
Menghitung Luas Persegi Panjang
Input adalah p = panjang dan l = lebar
Luas Persegi Panjang atau L = p x l
Algoritmanya adalah inputkan panjang dan inputkan lebar
Nilai L akan dicetak sebagai output ke perangkat output
Andrey Andreyevich Markov
Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.
Menghitung Luas Segitiga
Petunjuknya adalah a = alas dan t = tinggi
Luas Segitiga = a x t / 2 atau L = 1/2*a*t
Algoritmanya adalah dengan memasukkan nilai alas (a) dan nilai tinggi segitiga (t)
Penghitungan luas menggunakan rumus alas dengan tinggi yang sudah ditentukan
Nilai L akan tercetak sebagai keluaran ke perangkat keluaran atau perangkat output.
Algoritma mengirim surat adalah menulis surat, kemudian menyiapkan amplop, memasukkan surat ke amplop tersebut, lalu amplop surat dilem dan menuliskan alamat tujuan surat, dengan mencari dulu alamat tersebut, lalu tulis alamat di amplop surat tersebut. Kemudian amplop ditempeli perangko lalu menuju ke kantor pos dan menyerahkan suratnya kepada petugas.
Contoh Algoritma dan Flowchart untuk Referensi Belajar
Berikut adalah lima contoh algoritma dan flowchart sebagai cara menghitung berbagai bidang seperti:
1. Algoritma C4.5 merupakan algoritma decision tree yang dapat menangani atribut numerik dan memilih node akar berdasarkan nilai Gain Ratio tertinggi. 2. Langkah-langkah algoritma C4.5 meliputi memasukkan dataset, menghitung Gain untuk setiap atribut, memilih atribut dengan Gain tertinggi sebagai node akar, membangun cabang-cabang pohon berdasarkan sub-dataset, dan mengulangi proses tersebut hingga tidak ada percabangan lagi.
Algoritma pemrograman merupakan kumpulan perintah yang harus diikuti komputer dalam melakukan perhitungan atau operasi pemecahan masalah. Definisi formal algoritma pemrograman adalah kumpulan instruksi terbatas yang dilakukan dalam urutan tertentu untuk melakukan tugas tertentu. Perlu diketahui bahwa algoritma pemrograman bukan keseluruhan program atau kode.
Meski demikian, algoritma pemrograman merupakan logika sederhana masalah yang direpresentasikan sebagai deskripsi informal dalam bentuk diagram alur atau kode semu.
Algoritma adalah prosedur langkah bertahap yang dirancang untuk memecahkan masalah tertentu dan melakukan tugas secara efisien di bidang computer science dan matematika. Algoritma adalah rangkaian instruksi yang kuat ini membentuk tulang punggung teknologi terkini untuk mengatur banyak faktor mulai dari penelusuran situs hingga artificial intelligence.
Contoh nyata algoritma yang paling umum adalah pembelajaran mesin atau machine learning. Machine learning menggunakan beberapa algoritma untuk memprediksi hasil tanpa diprogram secara eksplisit untuk melakukannya.
Pembelajaran mesin menggunakan dua jenis, baik pembelajaran dengan pengawasan dan pembelajaran tanpa pengawasan. Ilmuwan data, dalam pembelajaran dalam pengawasan, menyediakan algoritma kompleks melalui data pelatihan berlabel serta melakukan penentuan variabel yang diinginkan agar algoritma menilai korelasinya. Input (masukan) dan output (keluaran) algoritma sudah ditentukan.
Machine learning tanpa pengawasan melibatkan algoritma yang dapat melatih data yang tak berlabel dan menyaringnya untuk mencari pola yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mengelompokkan suatu titik data ke suatu sub kumpulan. Mayoritas pembelajaran yang berkaitan dengan pembelajaran mendalam yang termasuk didalamnya jaringan saraf merupakan algoritma tanpa pengawasan.